Indo Board Games
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.



 
IndeksIndeks  PortalPortal  PencarianPencarian  Latest imagesLatest images  PendaftaranPendaftaran  Login  

 

 Yverne - Boardgame buatan sendiri

Go down 
+2
raykuro
Sevej
6 posters
PengirimMessage
Sevej
Geek Initiate
Geek Initiate
Sevej


Jumlah posting : 50
Age : 43
Lokasi : Semarang
Registration date : 27.08.08

Yverne - Boardgame buatan sendiri Empty
PostSubyek: Yverne - Boardgame buatan sendiri   Yverne - Boardgame buatan sendiri EmptyThu Sep 18, 2008 8:46 am

Bingung mo dimana, ya sudah di AT saja karena ini rasanya termasuk AT.

Tadinya mo ntar-ntar, yah yang terjadi-terjadilah.

Mmm gue punya kebiasaan buruk, yaitu kalo ketemu hobi baru, pasti pengen buat sesuatu (dari buat game pc, game sendiri, cerita sendiri, dll). Dan kali ini, board game baru.

Rules alphanya bisa didonlot.

http://www.hotlinkfiles.com/files/1873241_ziaz9/yverne2.zip

Ini masih awal banget. Dan kalian kan pada tau, gue nggak pernah main board game sama sekali. Ya jadi ini rada2 wild goose chase juga rabbit dan belum 100% komplit, banyak loose end di sana sini. Grafis juga sementara secukupnya.

Darkmot: Ada beberapa perubahan... kartu Event ditarik setiap awal hari (bukan awal minggu... mainnya cuma 1 minggu cuma 1 kartu dong...), plus Feat belum diberesin (nggak jadi ada Feat 1 per week alasan sama dengan Event Razz). Updatenya rasanya.. soal Bastion.

(ternyata setelah baca2 GB FFG yang donlot kemaren... ada beberapa kemiripan dengan runebound dan BSG)

Komennya ditunggu.
Kembali Ke Atas Go down
http://sevej.890m.com/
raykuro
Geek Converted
Geek Converted
raykuro


Jumlah posting : 161
Age : 37
Lokasi : Tangerang, Binus
Kerjaan : Tukang Credit
Serius Gaming : Juli 2008
Registration date : 28.07.08

Yverne - Boardgame buatan sendiri Empty
PostSubyek: Re: Yverne - Boardgame buatan sendiri   Yverne - Boardgame buatan sendiri EmptyThu Sep 18, 2008 4:11 pm

lagi donlot.

Apakah sekarang sudah waktunya dibuat room forum baru berjudul "Game Development" ? thumbupleft
Kembali Ke Atas Go down
http://raykuro.blogspot.com
kohee
Geek Veteran
Geek Veteran
kohee


Jumlah posting : 1208
Age : 40
Lokasi : jakarta
Kerjaan : Technical Consultant
Serius Gaming : January 2007
Registration date : 08.01.08

Yverne - Boardgame buatan sendiri Empty
PostSubyek: Re: Yverne - Boardgame buatan sendiri   Yverne - Boardgame buatan sendiri EmptyThu Sep 18, 2008 11:01 pm

gw & dede sering diskusi masalah ini dan dah ada bbrp prototype sih cuma lom sempet direalisasikan aja...sibuk sih....sibuk maen Razz
Kembali Ke Atas Go down
http://www.cubixindo.com
indofungames
Geek Enthusiast
Geek Enthusiast
indofungames


Jumlah posting : 954
Age : 48
Lokasi : Batam
Kerjaan : Test Engineer
Serius Gaming : 2002
Registration date : 07.01.08

Yverne - Boardgame buatan sendiri Empty
PostSubyek: Re: Yverne - Boardgame buatan sendiri   Yverne - Boardgame buatan sendiri EmptyFri Sep 19, 2008 8:11 am

kohee wrote:
gw & dede sering diskusi masalah ini dan dah ada bbrp prototype sih cuma lom sempet direalisasikan aja...sibuk sih....sibuk maen Razz

ha ha ha Embarassed iya nih ric ... sibuk terus kita sampe belon sempet di realisasi in ...

@ Sevej, gpp kok kalo ada kemiripan dengan game laen, selama memang itu buah karya pikiran sendiri ... kemaren kita abis diskusi mekanik 2 proto game buah ide kita berdua, ehhh ternyata ... yang satu agak mirip game laen juga, yang satu lagi malah mirip banget ama game laennya lagi ... ck ck ck ... scratch

@ raykuro ... mungkin emang udah saatnya ya bounce
Kembali Ke Atas Go down
http://www.indofungames.we.bs
Darkmot
Geek Adept
Geek Adept
Darkmot


Jumlah posting : 364
Age : 42
Lokasi : Surabaya
Kerjaan : Gaming
Registration date : 21.03.08

Yverne - Boardgame buatan sendiri Empty
PostSubyek: Re: Yverne - Boardgame buatan sendiri   Yverne - Boardgame buatan sendiri EmptyFri Sep 19, 2008 12:42 pm

Well, here goes. Aku cukup suka dengan battle systemnya. Menurutku cukup inovatif dengan adanya atribut offense dan defense. Ini membuat karakter bisa banyak variasinya dan tergantung dari feat dan item yang ada, bisa membedakan cara bermain juga.

Nah, tetapi aku lihat juga sebuah mekanisme yang kamu ambil dari Magic Realm. Roll 2 dadu, ambil yang tertinggi. Tujuan mekanisme ini adalah, agar variasi angka yang didapat tetap 6 saja, tetapi mengubah probabilitasnya. Kalo 1 dadu, angka 1 maupun angka 6, prosentase keluarnya tetap sama. Tetapi kalo dengan cara Magic Realm, probabilitasnya berubah. Angka 1 hanyalah 1/36 kemungkinan, dibandingkan dengan angka 6, yang 12/36 kemungkinan.

Tujuan Magic Realm menggunakan ini adalah supaya hasil yang bagus itu lebih sulit didapat dari hasil yang buruk. Karena itu, di Magic Realm, hasil angka 1 pasti yang paling bagus, dan semakin besar semakin jelek. Tetapi di gamemu malah kebalikannya (paling ngga, itu yg aku tangkep dari table2mu Very Happy). Kalo ini memang tujuan desainmu, ya udah. Tapi rasanya bukan gitu deh.

Sebenernya aku juga kepikiran cara lain. Ini sebuah mekanisme berbeda, yaitu cara agar hasilnya rata-rata, yg paling buruk dan yang paling baik dapetnya susah. Yaitu roll 2 dadu, jumlah hasilnya dan bagi dua. Dengan ini, angka 1 dan 6 susah didapat, tetapi angka 3 dan 4 akan lebih banyak keluar. Tergantung kamu ingin pembagiannya pembulatan ke atas ato ke bawah, untuk lebih condong ke mana.
Kembali Ke Atas Go down
Sevej
Geek Initiate
Geek Initiate
Sevej


Jumlah posting : 50
Age : 43
Lokasi : Semarang
Registration date : 27.08.08

Yverne - Boardgame buatan sendiri Empty
PostSubyek: Re: Yverne - Boardgame buatan sendiri   Yverne - Boardgame buatan sendiri EmptySat Sep 20, 2008 7:56 am

Ooh, itu emang intensinya (designer intention cie...) ngasi keunggulan bagi player. Bisa diliat juga dari Combat Resolution Tablenya, kalo Player sama Monster sama Combat Valuenya (selisih 0), tetep menguntungkan Player (kalo gak salah win on 3+).

Tujuan gue pake 2 dadu yah... soalnya rolling 1 dadu dan fail itu benar-benar menyebalkan. Untuk memodifikasi roll dadu kan ada beberapa cara. 1) Ngasi modifier pada hasil roll (+1 dsb) 2) Mempermudah hasil roll (3+ ato bahkan 2+)... tapi gue ngerasa 2 ini terlalu kuat untuk sekedar memberi player sedikit keuntungan, makanya gue pake opsi ke 3) roll 2 dadu dan ambil yang tertinggi. Sebenernya ada opsi ke 4) ngasi reroll dan *harus* ambil yang kedua, tapi ini nambah waktu.

(Latar belakangnya sih juga karena gue main 40k, di situ kalo ngasi slight advantage/better than average, roll 2 dadu, pick the highest/lowest, jadi bukan dari MR)

Untuk game ini memang bener, gue ngincer pemikiran 'roll makin tinggi makin bagus' (kecuali di skill test roll). Ini nggak lepas dari pengalaman maen DnD, susahnya nerangin sama newbie AC minus di 2nd ed itu repot banget... Laughing

Overallnya sih, gue lebih menekankan aspek reward daripada punishmentnya. Yah emang sih ada kekuatiran ini bakal ngebuat gamenya jadi terlalu gampang dan tidak menantang. Harus di test play juga.

(on a completely unrelated note... gue pernah baca artikel orang yang melakukan penelitian terhadap dadu yang dipakai untuk gaming... long story made short... pada gaming dice yang titiknya mencekung, angka 1 lebih banyak muncul karena sisi lawannya yaitu 6 terlalu ringan untuk menghentikan gelundungan dadu karena cekungannya lebih banyak.)
Kembali Ke Atas Go down
http://sevej.890m.com/
Darkmot
Geek Adept
Geek Adept
Darkmot


Jumlah posting : 364
Age : 42
Lokasi : Surabaya
Kerjaan : Gaming
Registration date : 21.03.08

Yverne - Boardgame buatan sendiri Empty
PostSubyek: Re: Yverne - Boardgame buatan sendiri   Yverne - Boardgame buatan sendiri EmptySat Sep 20, 2008 1:20 pm

Sevej wrote:

Untuk game ini memang bener, gue ngincer pemikiran 'roll makin tinggi makin bagus' (kecuali di skill test roll). Ini nggak lepas dari pengalaman maen DnD, susahnya nerangin sama newbie AC minus di 2nd ed itu repot banget... Laughing

Setauku sih, (aku ngga pernah maen ADnD, tapi banyak denger2), yang bikin susah itu adalah kurang konsistennya ADnD. Ada saat di mana lebih baik ngeroll tinggi, ada saat di mana lebih baik ngeroll rendah. Kalo Magic Realm konsisten, roll rendah PASTI lebih untung. Pokok selama kamu konsisten rendah atau tingginya mana yang lebih untung, aku rasa ga masalah.

Sevej wrote:

Overallnya sih, gue lebih menekankan aspek reward daripada punishmentnya. Yah emang sih ada kekuatiran ini bakal ngebuat gamenya jadi terlalu gampang dan tidak menantang. Harus di test play juga.

Rasanya test play ini gimana-gimana juga harus ada. Soalnya kalo di Magic realm, walaupun hasil yg buruk lebih tinggi persentasenya daripada yg baik, entah kenapa aku tidak pernah merasa dicurangi oleh keapesan. Karena Magic Realm itu sebenarnya game tactical juga, modifier2 juga ada. Normally, kamu bisa tempatkan diri di posisi yg rendah luck. Kalo sampe posisimu itu nyawa tergantung dari luck, ya sebenarnya itu sudah salah maen. Anggep aja kalo pas dapet bagus ya beruntung, kalo jelek ya memang udah sewajarnya.

Sevej wrote:

(on a completely unrelated note... gue pernah baca artikel orang yang melakukan penelitian terhadap dadu yang dipakai untuk gaming... long story made short... pada gaming dice yang titiknya mencekung, angka 1 lebih banyak muncul karena sisi lawannya yaitu 6 terlalu ringan untuk menghentikan gelundungan dadu karena cekungannya lebih banyak.)

Wah, yang ini asli aku baru tahu. Tapi ga mungkin aku isa buktikan kebenarannya lol!
Kembali Ke Atas Go down
Sevej
Geek Initiate
Geek Initiate
Sevej


Jumlah posting : 50
Age : 43
Lokasi : Semarang
Registration date : 27.08.08

Yverne - Boardgame buatan sendiri Empty
PostSubyek: Re: Yverne - Boardgame buatan sendiri   Yverne - Boardgame buatan sendiri EmptyTue Sep 23, 2008 8:20 am

Wadoh... abis kaco kemaren di rollback ya forumnya...

Soal diapesin sama dadu, tanyalah kepada pemain2 warhamer atau 40k pale (seperti roll 5 dadu untuk result 3+ gagal empat.... zzzZZZzzz)

Itu yang bikin penelitiannya dosen. Dia ngeroll macem2 dadu ampe ribuan kali lol!

Lagi pusing mikirin feat sama traits nih...
Kembali Ke Atas Go down
http://sevej.890m.com/
astray
Geek Converted
Geek Converted
astray


Jumlah posting : 244
Age : 44
Lokasi : Surabaya
Kerjaan : Designer, Gamer
Serius Gaming : 2005
Registration date : 16.01.08

Yverne - Boardgame buatan sendiri Empty
PostSubyek: Re: Yverne - Boardgame buatan sendiri   Yverne - Boardgame buatan sendiri EmptyTue Sep 23, 2008 12:07 pm

hahahaha tul......minggu brsan liat warhammer 40K d FnG Sby d PTC dadunya bnr2 gila pakenya klo lg apes....dadu banyak tp cmn msk bbrp, klo lg untung,cmn 2 dadu aja isa lolos, bnr2 gila tuh gamenya

Btw, good luck ma game ini ya....sori br dwld aja,blm sempat bc2, smoga bisa sampe rampung
hmm.......mgk lbh bnr klo smoga gamenya udah rampung sblm sibuk2 Razz
Kembali Ke Atas Go down
Darkmot
Geek Adept
Geek Adept
Darkmot


Jumlah posting : 364
Age : 42
Lokasi : Surabaya
Kerjaan : Gaming
Registration date : 21.03.08

Yverne - Boardgame buatan sendiri Empty
PostSubyek: Re: Yverne - Boardgame buatan sendiri   Yverne - Boardgame buatan sendiri EmptyTue Sep 23, 2008 4:43 pm

Lagi ada waktu, barusan baca-baca lagi revisinya.

I. Dice

Semakin aku baca, semakin aku yakin.... Game ini bakal terlalu gampang ato pemain yang terlalu dimanja. Yang terutama sih sebenernya masalah roll dadu. Ada beberapa alasan yang mungkin bisa aku analisa di sini

Sevej wrote:

Soal diapesin sama dadu, tanyalah kepada pemain2 warhamer atau 40k pale (seperti roll 5 dadu untuk result 3+ gagal empat.... zzzZZZzzz)

Ini sebuah perbedaan besar dari hasil roll di wargame dan adventure. Kebanyakan roll di wargame (CMIIW, soalnya ga pernah maen wargame aneh2) itu hanya 2 result. Hit or miss. Beruntung ato apes. Beda dengan adventure game yang harusnya memiliki banyak result, misal kaya kamu, dapet 3 herb, 2 herb, 1 herb, dan none. Sehingga kadar keapesan ato keberuntungannya ngga drastis. Ini satu alasan kenapa sebaiknya pemain ngga terlalu dimanja.

Alasan kedua, adalah masalah psikologis. Yaitu gimana kamu ingin membentuk mental pemainmu. Di Magic Realm, bad result itu wajar, dan good result itu seperti jackpot. Akhirnya, mental pemain Magic Realm adalah berusaha sedapat mungkin untuk siap2 terhadap segala hal buruk (dan memang bisa!), dan jika dapet hal baik, ada feeling luar biasa senang. Sebaliknya, kalo kamu bikin hal baik itu adalah biasa, jika suatu saat pemain mendapat hal buruk, dia akan merasa down karena apes, apalagi kalo berturut-turut. Dan ini, menurutku bakal menimbulkan negative feeling terhadap game.

All in all, gimana juga ini gamemu, aku sekedar beri sebuah pandangan aja sebagai bahan pertimbangan Very Happy. Paling engga kamu bisa tau kira-kira bagaimana reaksi pemain kalo terhadap rule ini.


II. Action

Cuman memastikan aja, berarti intinya 1 hari ada 3 kali action ya? Aku kok belum melihat action yang restrict harus pada phase tertentu saja. Selain itu, apa masing-masing phase ada bedanya? Dalam hal mekanis maksudku.

Selain itu, adakah kerugian dari mounted? Kalo character udah mounted, apa untungnya dia dismount?


III. Component

Sebenernya karena belom bisa liat dengan jelas, jadi kurang bisa bayangin. Tapi kalo aku liat dari desain player matnya, keliatannya hampir semua menggunakan token yah? Kecuali Quest card dan character card? Ini mungkin kurang baik (sekali lagi, aku belon taw desain tokenmu), soalnya mungkin token kurang bisa mempunyai banyak space untuk informasi.

Ah ya, ada satu perbedaan mungkin dari boardgamer biasa dengan wargamer, yaitu kerelaan untuk bolak-balik baca rulebook. Di boardgame, semakin sedikit referensi ke rulebook, itu semakin bagus. Makanya di adventure2 jaman sekarang, biasanya pake kartu, soalnya spacenya lebih bisa memberikan info lebih banyak.

Magic Realm sebenernya juga mengalami keburukan ini. Tapi untung status weapon, item, dsb dari Magic Realm itu biasanya hanya numerical variable, maka di desain ulang dari Karim semuanya masih bisa dituliskan. Tetapi kalo melihat punyamu sementara ini, efek2nya banyak kalimatnya, yang lebih cocok di card kalo menurutku.

Selain itu, kok kelihatannya komponennya bakal buanyaaak yah? Gimana Print and Playnya, dsb, semoga udah masuk pertimbanganmu.


IV. Combat

Hanya masalah wording, sebaiknya Initiative Roll, Offensive Roll, dan Defensive Roll. Biar ngga bingung, dan rasanya tatanannya lebih baik. Tapi sebenernya yang bikin susah adalah harus ngeliat table lagi setelah ngeroll. Ini menambah layer yang menurutku akan menambah downtime. Dan juga ada alasan seperti di atas. Kalo bisa sih tanpa table, damage udah bisa diitung. Kalo memang kepaksa, harus ada player aid lagi, ato di player mat sudah tertulis.


V. Magic

Rasanya rulebooknya belon nyinggung ini deh. Please.. please... pleaseeeee, jangan sampe jadi kaya Runebound, yaitu Magic hanya salah satu bentuk attack, kaya Melee ato Ranged. yang lebih lumayan ya WoW the Adventure Game, yaitu bisa di-cast kartu Magicnya, tapi kekurangannya adalah cuman sekali pake, terus ngerandom lagi. Solusi yang lebih baik, seperti Tomb ato WoW the Boardgame, yaitu Magicnya terattach di karakternya, sehingga bisa dipake berulang2 (mungkin kaya featmu).

Tentu saja the best Magic system saat ini, ya Magic Realm. Walaupun pake kartu, tapi kamu punya spellbook sendiri. Jadi begitu dapet, kartunya itu bukan milikmu, tapi kamu catet di spellbookmu kalo sudah belajar. Jadi dengan satu kartu, banyak karakter bisa mempelajari spellnya. Belum lagi system mananya. Dan juga, spell di Magic Realm itu bener-bener berbeda masing2 spellnya, jadi bukan hanya sekedar damage2 yang tambah besar ato sejenisnya. Bayangkan, spell heal, di Magic Realm namanya Make Whole, dan bisa dipake buat healing dan repair sekaligus. Ga nanggung2.


VI. Player View

Terakhir yang juga ngga kalah penting, yaitu tipe game. Dari yang aku baca, kelihatannya ini game co-op ya? Ato kamu masih definisikan? Co-Op berarti semua bekerja sama, sehingga pada end game, semua menang ato semua kalah, ngga ada salah satunya. Game2 kaya gini contohnya Arkham Horror dan Shadow Over Camelot. Ato ada PvP? seperti WoW the Adventure Game ato WoW the Boardgame? Ato multiplayer solitaire race, kaya Runebound dan Prophecy, yaitu semua jalan sendiri2 dan cepet2an mencapai gol (ada PvPnya si, tapi ga signifikan)?

Once again, the best tetep Magic Realm, dimana kamu bisa Solo, PvP, PvE, Group, ato pengkhianat, semuanya bisa, terserah player yang maen.

Trus juga bisa kamu perkirakan downtime yang ada? Kira-kira kalo 3 ato 4 player, berapa detik/menit baru nyampe giliran lagi? Sebaiknya jumlah player yang 2-4 itu jangan difixkan dulu, kalo memang kamu bisa bikin downtime rendah, ngga ada salahnya bikin player yang banyak (kaya Magic Realm 16!)


Woke, gitu aja. Eh, masi ada satu yg terakhir sih, tapi ini low priority, dan aku yakin kamu sudah tau, yaitu struktur rulebook. Sementara punyamu masih kacau, harus lompat sana lompat sini, tapi toh ini memang draft. Cuman jangan sampe lupa nanti formattingnya Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Sevej
Geek Initiate
Geek Initiate
Sevej


Jumlah posting : 50
Age : 43
Lokasi : Semarang
Registration date : 27.08.08

Yverne - Boardgame buatan sendiri Empty
PostSubyek: Re: Yverne - Boardgame buatan sendiri   Yverne - Boardgame buatan sendiri EmptyWed Sep 24, 2008 9:35 am

Quote :
Semakin aku baca, semakin aku yakin.... Game ini bakal terlalu gampang ato pemain yang terlalu dimanja. Yang terutama sih sebenernya masalah roll dadu. Ada beberapa alasan yang mungkin bisa aku analisa di sini
Di sini kan belum ditampilkan statistik musuhnya yang notabene bakal jadi balancing factor untuk roll.

Quote :
Cuman memastikan aja, berarti intinya 1 hari ada 3 kali action ya? Aku kok belum melihat action yang restrict harus pada phase tertentu saja. Selain itu, apa masing-masing phase ada bedanya? Dalam hal mekanis maksudku.
Hmm lupa udah dimasukin apa belum ya. Ada action yang makan 2 sampai 3 phase. Ada action yang cuma bisa dilakukan siang hari. Perbedaan phase-phase, ada monster-monster yang berburu siang atau malam. Juga pada malam hari, perjalanan lebih sulit.

Quote :
Selain itu, adakah kerugian dari mounted? Kalo character udah mounted, apa untungnya dia dismount?
Ada beberapa action yang nggak bisa dilakukan sambil mounted. Misalnya nambang. Atau istirahat. Untuk berjalan di hutan mungkin lebih menguntungkan jalan kaki. Terus lesser mounts nggak bisa dipake perang.
Tetapi kalo melihat punyamu sementara ini, efek2nya banyak kalimatnya, yang lebih cocok di card kalo menurutku.

Quote :

Tetapi kalo melihat punyamu sementara ini, efek2nya banyak kalimatnya, yang lebih cocok di card kalo menurutku.

Selain itu, kok kelihatannya komponennya bakal buanyaaak yah? Gimana Print and Playnya, dsb, semoga udah masuk pertimbanganmu.
Desain player matnya masiiih sangat2 awal. Gue bahkan belum tau apa aja yang bakal di taro di sana. Yah memang gue juga mempertimbangkan card. Ini efek-efek yang mana ya? Mungkin bakal di simplify dengan icon-icon tertentu.

Komponennya mungkin memang bakal banyak, tapi tetep berusaha ditekan. Misalnya nanti awal-awal mau test play pun, mungkin baru pake Vassal.

Quote :
Kalo bisa sih tanpa table, damage udah bisa diitung. Kalo memang kepaksa, harus ada player aid lagi, ato di player mat sudah tertulis.
Ini juga masalah sih. Terlalu banyak table. Mungkin harus pake quick reference card. Pernah kepikiran sih pake 2 dadu beda warna, 1 represent hero 1 lagi monster, tapi belum njelajahi lebih jauh ke sana.

Quote :
Jadi begitu dapet, kartunya itu bukan milikmu, tapi kamu catet di spellbookmu kalo sudah belajar.
Tadinya gue mempertimbangkan player bakal punya spellbook sendiri, di mat yang terpisah. Mungkin bakal ada ke arah sana, tapi untuk sementara belum, soalnya magic tuh bikin balance rada kacaw balaw. Dan terus terang gue salah satu di antara odd players yang beranggapan kalo wizards itu harusnya diem di tower mereka, rare, dan jelas2 di atas league nya adventurer biasa (a la Gandalf, Khelben Blackstaff atau Elminster).

Karena itulah gue mikir varian Wizard Wars juga. Dimana setiap karakter disupport sama Archmage nya sendiri-sendiri.

Sejauh ini magicnya masih berupa Feat, dan ini biasanya mengenhance attack. Ngasi tambahan damage, atau drain life misalnya. Ada juga magic overland.

EDIT: Barusan dapet ide... gue mikir Featnya berupa Spellbook. Jadi misalnya Knight bisa ngambil Feat Divine Spellbook 1, yang berisi beberapa spell. Tapi sekali pake jadi keflip semuanya.

Quote :
Trus juga bisa kamu perkirakan downtime yang ada?
Belum, karena belum semua feature gue masukin (atau gue ilangin).

Quote :
Dari yang aku baca, kelihatannya ini game co-op ya?
Yap, masih full co-op. Untuk Wizard Wars bakal ada unsur PvPnya.

Quote :
ngga ada salahnya bikin player yang banyak (kaya Magic Realm 16!)
Masalah utama dengan banyak karakter adalah jumlah komponen bertambah exponentially (yaaa.. berlebihan kali... Laughing )

Quote :
Sementara punyamu masih kacau, harus lompat sana lompat sini, tapi toh ini memang draft. Cuman jangan sampe lupa nanti formattingnya
Hmm struktur rulebook sementara ini memang dibagi 2. Yang overview dibaca lempeng, baru ke rulesnya. Gue sih lebih mikir ngajarinnya pake tutorial, seperti Magic Realm edisi 1.

Besok mungkin gue update lagi.
Kembali Ke Atas Go down
http://sevej.890m.com/
Darkmot
Geek Adept
Geek Adept
Darkmot


Jumlah posting : 364
Age : 42
Lokasi : Surabaya
Kerjaan : Gaming
Registration date : 21.03.08

Yverne - Boardgame buatan sendiri Empty
PostSubyek: Re: Yverne - Boardgame buatan sendiri   Yverne - Boardgame buatan sendiri EmptyWed Sep 24, 2008 2:52 pm

Sevej wrote:

Hmm lupa udah dimasukin apa belum ya. Ada action yang makan 2 sampai 3 phase. Ada action yang cuma bisa dilakukan siang hari. Perbedaan phase-phase, ada monster-monster yang berburu siang atau malam. Juga pada malam hari, perjalanan lebih sulit.

Ya, aku bacanya sih juga gitu, cuman pas baca tabel action kan belum ada, tapi kalo udah dipikirin di sana ya gpp. Trus maksudku perbedaan phase itu adalah yg dari phase itu sendiri, bukan yg dari elemen luar. Cth, kalo perbedaan dari luar phase itu adalah action yg memakan waktu 2 phase, cuman siang hari, ato monster yang aggresive siang ato malam, semua yang kamu sebut deh. Tapi kalo dari dalem itu contohnya kalo di Magic Realm, phase birdsong untuk record action, phase daylight untuk action, phase evening untuk battle. Kalo di tempatmu mungkin bisa Morning phase untuk restore 1 hp, evening phase move cost 2 kali lipat, dsb.

Sevej wrote:

Desain player matnya masiiih sangat2 awal. Gue bahkan belum tau apa aja yang bakal di taro di sana. Yah memang gue juga mempertimbangkan card. Ini efek-efek yang mana ya? Mungkin bakal di simplify dengan icon-icon tertentu.

Komponennya mungkin memang bakal banyak, tapi tetep berusaha ditekan. Misalnya nanti awal-awal mau test play pun, mungkin baru pake Vassal.

Yg di tabel halaman terakhir. Kan setiap weapon ngga cuman nambah extra dice. Ada yang extra wounds dan ada juga yg nambah status. ya sampe sebatas itu mungkin masih bisa icon, walaupun kalo banyak bisa ribet. Tapi MISAL, misal saja, kamu punya rencana sebuah mace yang kalo lawan undead jadi +3, ato sebuah pedang yang sekali tebas bikin monsternya freeze selama 2 turn, ato sebagainya, kan susah kalo jadi icon.

Sevej wrote:

Tadinya gue mempertimbangkan player bakal punya spellbook sendiri, di mat yang terpisah. Mungkin bakal ada ke arah sana, tapi untuk sementara belum, soalnya magic tuh bikin balance rada kacaw balaw. Dan terus terang gue salah satu di antara odd players yang beranggapan kalo wizards itu harusnya diem di tower mereka, rare, dan jelas2 di atas league nya adventurer biasa (a la Gandalf, Khelben Blackstaff atau Elminster).

Karena itulah gue mikir varian Wizard Wars juga. Dimana setiap karakter disupport sama Archmage nya sendiri-sendiri.

Kalo kamu mo bikin gitu, ya gimana lagi. Tapi orang bisa put off dulu lho. Soalnya gini, aku bayangin sih, memang Gandalf dan Khelben itu powerful, tapi kalo di DnD kan udah Epic level, lebih dari 20. Nah, waktu mereka masi cupu gimana? Ada orang-orang juga yang pengen maenin sewaktu apprentice. Selain itu Paladin, Druid tanpa magic juga gimana. Trus elf kalo tanpa Magic sebenernya juga agak gimana gitu Very Happy

Sevej wrote:

Sejauh ini magicnya masih berupa Feat, dan ini biasanya mengenhance attack. Ngasi tambahan damage, atau drain life misalnya. Ada juga magic overland.

EDIT: Barusan dapet ide... gue mikir Featnya berupa Spellbook. Jadi misalnya Knight bisa ngambil Feat Divine Spellbook 1, yang berisi beberapa spell. Tapi sekali pake jadi keflip semuanya.

Mungkin bagus juga, coba kasi 1 contoh feat2nya. Rasanya itu juga bisa jadi mana-nya juga.
Kembali Ke Atas Go down
Sevej
Geek Initiate
Geek Initiate
Sevej


Jumlah posting : 50
Age : 43
Lokasi : Semarang
Registration date : 27.08.08

Yverne - Boardgame buatan sendiri Empty
PostSubyek: Re: Yverne - Boardgame buatan sendiri   Yverne - Boardgame buatan sendiri EmptyThu Sep 25, 2008 8:43 am

Ini latest version. Tapi belum gue update dengan ide spellbook.

http://sevej.890m.com/hotlinks/yverne.zip

Updatenya Traits, Feats, plus mobilitas ditambah (standar sekarang 3MP), equipment...

Hmm belum kepikiran tuh buat ngebedain phase2nya secara signifikan kecuali dari yang gue sebutin.

Quote :
Tapi MISAL, misal saja, kamu punya rencana sebuah mace yang kalo lawan undead jadi +3, ato sebuah pedang yang sekali tebas bikin monsternya freeze selama 2 turn,
Hmmm gue belum mempertimbangkan sih properti-properti unik semacam itu. Senjata cenderung 2 tier: untuk beginner dan advanced. Kemudian dari situ nyabang, untuk yang 1 handed, 2 handed, more damage, atau more accurate. Nah rencananya mungkin seperti magic realm, beberapa senjata ada yang ngasih bonus feat. Tapi belum tau juga.

Quote :
Tapi orang bisa put off dulu lho.
Haha, makanya itu gue tetep masukin Magician sebagai salah satu playable character. Gue tau orang-orang tertentu *hanya* mau main sebagai spellcaster.

Quote :
Mungkin bagus juga, coba kasi 1 contoh feat2nya.
Ini belum gue pikirin bener2 sih. Misalnya saja:

Divine Spellbook: Healing, Combat Buff, Divination (flip counter, tapi rasanya ini sangat terbatas).
Chaos Spellbook: Fire Ball, Torch (biasanya jalan malam susah, kalo pake ini nggak),
Nature Spellbook: dan sebagainya Laughing

Jadi mereka punya pilihan beberapa spell, tapi hanya 1 yang bisa dipakai dalam 1 hari, karena saat pakai salah satu spell feat ybs di flip. Bisa jadi 1 karakter punya lebih dari 1 spellbook yang berbeda (misal Chaos Book dan Sorcery Book--ie. MTG's merah dan biru...).
Kembali Ke Atas Go down
http://sevej.890m.com/
Sponsored content





Yverne - Boardgame buatan sendiri Empty
PostSubyek: Re: Yverne - Boardgame buatan sendiri   Yverne - Boardgame buatan sendiri Empty

Kembali Ke Atas Go down
 
Yverne - Boardgame buatan sendiri
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Info Toko Boardgame di BKK & SG
» Kenalan Yuk - Domisili: Bandung
» [Jual] Boardgame Second-Hand
» J> boardgame murah meriah
» Boardgame Print n Build

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Indo Board Games :: Geek Forum :: Ameritrash Fans-
Navigasi: