IndeksIndeks  PortalPortal  FAQFAQ  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  AnggotaAnggota  Login  

Share | 
 

 Mission: Red Planet - A Unique Area-Majority Game

Go down 
PengirimMessage
Ellesar
Geek Adept
Geek Adept
avatar

Jumlah posting : 397
Age : 33
Lokasi : Jakarta
Kerjaan : IT Auditor / Consultant
Serius Gaming : Hybrid Wargames
Registration date : 01.06.08

PostSubyek: Mission: Red Planet - A Unique Area-Majority Game   Mon Jun 09, 2008 2:52 pm

Well, this is my first game review, jadi kalo ada yang salah2 mohon maap yaa.. Smile



The name of the game is Mission: Red Planet, dibuat oleh Bruno Faidutti bersama Bruno Cathala. ini game area majority ala El Grande, yang dicampur dengan unsur card drafting mirip Citadels, dan ada juga unsur rebut-rebutan tempat di spaceship yang akan berangkat ke Mars.

So, to cut things short, ini game yang menggabungkan unsur-unsur yang berbeda menjadi sebuah game dengan style-nya sendiri yang unik. Nice huh? Very Happy

Game ini bisa dimaenin dari 3-5 players dan 1 game kira-kira bisa last to 1 - 1.5 hour.

Sebelum gw memberi conclusion game ini, gw akan menjelaskan dulu rules dan gameplay dari game ini.


Components

Pertama, gw jabarin dulu komponen dari game ini:



So, there are:


1 Mars Game Board - Peta mars yang dibagi menjadi 10 teritori untuk kita perebutkan. Notice area L.I.S Memorial di bagian kiri bawah dan kanan atas board ini yang akan dipakai sebagai 'graveyard' untuk Austronaut-austronaut yang 'meninggal'.


1 Launch Pad Board - Tempat untuk meluncurkan spaceships dan untuk keep track kita sudah di turn keberapa sekarang (lihat di bagian bawah board). Notice sudah ada beberapa spaceship yang on-air karena sudah penuh dan ada beberapa yang masih di darat karena belum penuh.


1 First Player Token (kiri) - Untuk menandakan first player to move apabila ada lebih dari 1 orang yang memilih karakter yang sama.
1 Turn Marker (kanan) - Untuk menandakan kita lagi di turn keberapa. Nanti akan ditaro di atas Launch Pad Board bagian bawah diatas turn yang kita sedang mainkan.


45 Kartu Karakter - 9 karakter yang sama untuk masing-masing 5 warna / pemain. Setiap karakter memiliki kemampuan yang berbeda-beda.


20 Destination Tokens (paling atas dengan nama-nama teritori Mars) - Untuk menentukan tujuan dari spaceships yang akan berangkat.
14 Resource Tokens (tengah-tengah yang berbentuk kotak) - Untuk menandakan resource yang ada di setiap teritori di Mars. Terdiri dari 3 resource yang ada di game ini: Ice, Sylvanite, dan Celerium.
100 Scoring Tokens (bawah yang berbentuk bulat)- Untuk scoring di akhir turn ke 5, 8, dan 10. Sekali lagi terdiri dari 3 resource yang ada di game ini: Ice, Sylvanite, dan Celerium.
NOTE: Di setiap scoring Ice bernilai 1, Sylvanite bernilai 2, dan Celerium bernilai 3. Namun di end of game, pemain dengan Ice terbanyak akan mendapat +9 poin.


24 'Event' Cards - Terdiri dari Bonus cards dan Discovery cards.
- Bonus cards adalah kartu yang akan memberikan bonus score tambahan di akhir game (end of turn 10) untuk pemegang kartu apabila kondisinya dipenuhi.
- Discovery cards adalah kartu yang dapat di-attach secara tertutup ke salah satu teritori lingkar luar Mars yang dapat mempengaruhi scoring akhir di teritori tersebut (bisa jelek bisa bagus).


34 Spaceships - Untuk berangkat ke Mars. Gambar disini adalah bolak-balik, yang kanan bagian belakangnya. Notice ada angka yang menunjukkan kapasitas maksimum dari spaceship itu. Apabila spaceship penuh, maka langsung take-off ke Mars menuju teritori yang sudah tertulis (di gambar ini spaceship ini menuju teritori 'Hellas')


110 Astronaut Tokens - Menandakan Astronot kita (22 untuk masing-masing 5 warna / pemain).


Setup

Okay, semua dimulai dengan:
- Shuffle Event cards dan letakkan face-down.
- Shuffle Spaceships dan letakkan face-down.
- Shuffle Resource Tokens dan letakkan face-down.
- Letakkan Destination Tokens di sebelah Launch Pad Board.
- Setiap pemain diberikan 9 kartu karakter dan 22 astronaut token masing-masing.
- Setiap orang diberikan 3 Event card secara tertutup dan harus memilih 1 Bonus Card dari antara 3 kartu tersebut (gak boleh Discovery Card). Kalo 3 kartu tersebut semuanya Discovery cards, show to all dan draw 3 cards from deck lagi. Pokoknya setiap orang harus end up memiliki 1 Bonus card, dan sisanya dikembalikan ke deck untuk di re-shuffle.
- Taruh Turn Marker di angka 1 di atas Launch Pad Board.
- Ambil secara random spaceship sejumlah jumlah pemain yang akan bermain dan letakkan diatas Launch Pad Board. Terserah di landasan berapa aja, yang penting jumlahnya aja.
- Randomize First Player Marker dengan cara mengambil 1 astronaut token dari setiap pemain dan secara acak pick 1 dari tangan yang tertutup. Player pertama yang terambil mendapat First Player Marker.
- Kemudian , letakkan 1 astronaut token dari setiap pemain tersebut di Spaceships yang sudah ada di masing-masing Launch Pad board, sehingga setiap Spaceship akan memiliki 1 penumpang.

That's it, and we are ready to play! Smile


Gameplay

Phase 1: Pick your Character
Setiap turn dimulai dengan kita memilih 1 dari 9 karakter yang tersedia, yaitu:
1. Recruiter - Taruh 1 Astronaut di salah satu spaceship yang tersedia (belum take-off) dan ambil semua kartu karakter kembali ke tangan.
2. Explorer - Taruh 1 Astronaut di salah satu spaceship yang tersedia (belum take-off) dan anda boleh memindahkan sampai 3 Astronaut yang sudah ada di Mars ke teritori yang bersebelahan. 1 Astronaut tidak boleh digerakkan lebih dari sekali.
3. Scientist - Taruh 2 Astronaut di dua atau salah satu spaceship yang tersedia (belum take-off) dan anda boleh mengambil Event card baru atau melihat Discovery card yang sudah ada di Mars Game Board. Apabila anda mendapatkan Discovery Card, langsung letakkan di Mars Game Board.
4. Secret Agent - Taruh 2 Astronaut di dua spaceship berbeda yang tersedia (belum take-off) dan anda boleh memaksa spaceship yang belum penuh untuk langsung berangkat.
5. Saboteur - Taruh 1 Astronaut di salah satu spaceship yang tersedia (belum take-off) dan ledakkan 1 spaceship yang masih ada di darat. Astronaut yang berada di dalam spaceship yang meledak akan ditaruh di area L.I.S Memorial di Mars Game Board (Graveyard).
6. Femme Fatale - Taruh 1 Astronaut di salah satu spaceship yang tersedia (belum take-off) dan tukar salah satu Astronaut lawan yang berada di dalam spaceship (baik yang sudah take-off ataupun masih di darat) atau sudah di Mars dengan Astronaut anda. Astronaut lawan yang ditukar dikirim ke area L.I.S Memorial.
7. Travel Agent - Taruh 3 Astronaut di salah satu spaceship yang tersedia (belum take-off). Apabila anda tidak bisa menaruh 3 Astronaut anda di 1 spaceship yang sama, anda tidak boleh menaruh Astronaut sama sekali.
8. Soldier - Taruh 2 Astronaut di salah satu spaceship yang tersedia (belum take-off) dan bunuh 1 Astronaut lawan yang berada di teritori lingkar luar Mars. Apabila anda tidak bisa menaruh 2 Astronaut anda di 1 spaceship yang sama, anda tidak boleh menaruh Astronaut sama sekali. Astronaut lawan yang dibunuh dikirim ke area L.I.S Memorial.
9. Pilot - Taruh 2 Astronaut di dua atau salah satu spaceship yang tersedia (belum take-off) dan anda boleh mengganti tujuan dari spaceship (baik yang sudah take-off maupun yang masih di darat).

Setelah memilih 1 karakter yang kita mau pakai turn ini, tarik kartu karakter tersebut dan letakkan didepan anda face-down.

Phase 2: Call the Characters and Take Action
Setelah semua memilih karakter mereka, panggil karakter tersebut sesuai urutannya (seperti Citadels). Jadi Semua orang yang memilih karakter Recruiter jalan pertama, Explorer kedua, dst hingga Pilot. Apabila ada beberapa pemain yang menggunakan karakter yang sama, maka giliran diawali dari pemain yang memiliki First Player Token dan dilanjutkan clockwise.

Contoh Kasus: Pertama saya akan memanggil Recruiter. Karena ternyata tidak ada yang memakai Recruiter, saya akan lanjutkan dengan memanggil Explorer. Ternyata ada 2 pemain yang memakai Explorer. Turn order ditentukan dari First Player Token, 2 pemain tersebut memainkan gilirannya satu-persatu, kemudian karakter berikutnya dipanggil: Scientist. Dan seterusnya hinggal karakter Pilot terakhir.

Lakukan semua action yang anda mau lakukan. Apabila sebuah spaceship sudah penuh dengan Astronaut sejumlah kapasitas maksimum-nya, spaceship tersebut akan langsung take-off (belum sampai ke Mars, tapi sudah terbang). Spaceship yang sudah take-off sudah tidak bisa diisi Astronaut lagi (kecuali kasus-kasus special seperti Femme Fatale).

Apabila Astronaut menempati spaceship manual (tidak punya tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya), maka Astronaut yang menempati spaceship tersebut pertama kali akan menentukan tujuannya.

Lanjutkan hingga semua pemain selesai memainkan gilirannya, kemudian berikan First Player Token kepada pemain yang mendapat giliran terakhir.

Kartu karakter yang sudah dipakai ditutup didepan pemain dan tidak boleh digunakan lagi di turn berikutnya sebelum anda memakai karakter Recruiter!

Phase 3: Land on Mars!
Setelah semua pemain sudah memainkan karakter mereka di gilirannya, semua spaceship yang sudah take-off akan mendarat di Mars di teritori-teritori yang menjadi tujuan masing-masing spaceship tersebut. Simply pindahkan semua Astronaut yang ada di spaceship yang take-off ke teritori tujuan.

Apabila teritori tujuan belum pernah dikunjungi oleh Astronaut manapun sebelumnya, maka teritori tersebut akan diberikan 1 Resource Token secara random. Resource Token ini akan menentukan resource apa yang terdapat di teritori ini.

Setelah Astronaut sudah mendarat di Mars, spaceship yang dipakai untuk terbang ke Mars sebelumnya dikeluarkan dari game (discard).

Phase 4: Scoring (End of turn 5, 8 and 10)
Apabila turn ini adalah turn ke 5, 8, atau 10, maka scoring akan dilakukan.

Pemain yang memiliki Astronaut paling banyak di sebuah teritori dapat mengambil Scoring Token yang sesuai dengan Resource Token di teritori tersebut.

Apabila di suatu teritori jumlah Astronaut pemain seri, maka Scoring Token didistribusikan secara merata diantara pemain yang memiliki paling banyak Astronaut disana. Apabila Scoring Token tidak dapat dibagi-bagi secara merata, maka Scoring Token tidak dibagi-bagikan dan ditinggalkan di teritori tersebut untuk dibagi-bagikan secara merata di Scoring turn berikutnya.

Score yang akan didistribusikan adalah:
- End of turn 5: 1 Scoring Token yang sesuai dengan Resource Token
- End of turn 8: 2 Scoring Token yang sesuai dengan Resource Token
- End of turn 10 (Final Scoring and Game End): 3 Scoring Token yang sesuai dengan Resource Token

Contoh Kasus: Di akhir turn ke 8,
- Teritori Hellas ada 4 Austronaut kuning dan 3 Austronaut biru. Resource Token disini adalah Ice.
- Teritori Utopia ada 5 Austronaut kuning, 5 Austronaut biru, dan 3 Austronaut hijau. Resource Token disini adalah Sylvanite.
- Teritori Ausonia ada 2 Austronaut kuning, 2 Austronaut biru, dan 2 Austronaut hijau. Resource Token disini adalah Celerium.

Maka Scoringnya adalah:
- Pemain kuning adalah mayoritas di teritori Hellas, maka dia akan memperoleh 2 Ice Scoring Token.
- Pemain kuning dan biru adalah mayoritas di teritori Utopia, maka kuning akan memperoleh 1 Sylvanite Scoring Token dan biru juga memperoleh 1 Sylvanite Scoring Token.
- Pemain kuning, biru, dan hijau adalah mayoritas di teritori Ausonia. Namun karena ini adalah end of turn 8, hanya ada 2 Celerium Scoring Token yang akan didistribusikan di teritori ini. 2 tidak bisa dibagi untuk 3 pemain, maka Scoring Token tersebut akan ditinggalkan di teritori tersebut untuk dibagikan untuk mayoritas pemain di end of turn 10.

Khusus untuk end of turn 10, buka terlebih dahulu Discovery card yang telah dipasang di Mars Game Board sebelum melakukan scoring. Hal ini dikarenakan Discovery card dapat mempengaruhi bagaimana teritori tersebut akan di-Scoring.

Phase 5: Next Turn
Geser Turn Marker ke angka berikutnya di Launch Pad Board.

Letakkan spaceship-spaceship baru secara random untuk mengisi ruang-ruang spaceship yang kosong karena sudah berangkat ke Mars sebelumnya. Jumlah spaceship yang ada di Launch Pad Board harus sama dengan jumlah pemain.

And that's it for the gameplay. The next is my conclusion.


Conclusion

Setelah beberapa kali maen bareng, I find that this game is quite interesting. Terutama karena penggabungan beberapa genre oleh si designer (Duo Brunos).

Unsur mikir-nya ngga terlalu berat, tapi juga ngga terlalu ringan, its middle-weight. Pemilihan karakter menurut gw sangat mempermanis game ini. Kita musti selalu nebak lawan akan pick karakter apa sehingga karakter kita bisa dapet kesempatan buat masukin Astronaut dan melakukan action kita. Selain itu, selalu pikirkan ke depan mengenai karakter yang akan dipakai karena karakter tersebut tidak akan bisa dipakai sebelum anda memakai Recruiter, dimana itu akan memakan 1 turn.

Pernah suatu kali gw maen ber-4, tiba2 3 orang memakai Secret Agent termasuk gw. Sialnya, gw jalan terakhir. So, orang pertama memasukkan Astronaut ke spaceship A dan berangkat karena penuh, dia juga memberangkatkan spaceship B dengan skill Secret Agent. Orang kedua melakukan hal yang sama terhadap spaceship C dan D. In the end, gw dan 1 temen gw end up ga bisa jalan coz there's no spaceship left for us, and that's painful.. Razz

Tapi, game ini mirip kaya El Grande, harus dimaenin rame baru seru, at least ber-4. Pas gw maen ber-3, game ini terasa lebih lenggang dan merciful. Tapi pas maen ber-4 atau ber-5, jadi brutal dan jegal-jegalan ga karuan. Fun akan terasa sekali kalau dimainkan ber-4 atau ber-5.

Hal lain yang membuat game ini seru adalah Discovery card di akhir game. Hal ini bisa berakibat fatal bila 'dicuekin'. Dalam 1 game, ada di 1 teritori yang dipasang Discovery Card oleh pemain Biru. Selama permainan, pemain abu-abu mendominasi teritori tersebut secara mutlak. Tiba-tiba di akhir game, Discovery card menyebutkan untuk mengeluarkan pemain mayoritas dari teritori tersebut, sehingga pemain abu-abu harus mengeluarkan semua Astronaut-nya dan malah pemain biru yang menjadi mayoritas dan Score full points.

Buat orang-orang yang suka game-game berat, rasanya ngga terlalu reccomended untuk maen game ini. Tapi, orang yang suka game middle-weight dengan direct conflict will love this game.

I must say bahwa game ini adalah game yang diatas rata-rata, namun juga tidak 'superb'. So, My final rating would be 8/10

That's it for my review, hope it helps. Comments and Critics are most welcome.. thumbupright
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
deadwood
Geek Counselor
Geek Counselor
avatar

Jumlah posting : 2716
Age : 35
Lokasi : Binus, JakBar
Kerjaan : Part Time BoardGamer
Serius Gaming : April 2008
Registration date : 25.03.08

PostSubyek: Re: Mission: Red Planet - A Unique Area-Majority Game   Mon Jun 09, 2008 3:20 pm

hmm .. kayanya boleh dicobain nih .... hehehe

thanks review`nya ... bagus koq ...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
rbayu2
Geek Veteran
Geek Veteran
avatar

Jumlah posting : 1263
Age : 44
Lokasi : Jakarta
Kerjaan : Selling cotton
Serius Gaming : August 2006
Registration date : 09.01.08

PostSubyek: Re: Mission: Red Planet - A Unique Area-Majority Game   Mon Jun 09, 2008 4:08 pm

wah thanks for the review yang lengkap ama foto2nya... mantap banget...

replayabilitinya gimana nih? cukup bagus gak ato cepet bosen kalo keseringan?
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.twilitegames.com
indofungames
Geek Enthusiast
Geek Enthusiast
avatar

Jumlah posting : 954
Age : 42
Lokasi : Batam
Kerjaan : Test Engineer
Serius Gaming : 2002
Registration date : 07.01.08

PostSubyek: Re: Mission: Red Planet - A Unique Area-Majority Game   Mon Jun 09, 2008 5:32 pm

wah wah .. ellesar dah punya game ini toh ... top top ... thumbupleft
gw juga punya, tapi sejak september taon lalu belon di sentuh Embarassed

setujuh dengan konklusinya ... ini game middle weight ... gabungan citadels + el grande ...

mantap reviewnya ... 2 jempol ... thumbupright thumbupleft

_________________
Geek Gamer [BGG Profile | Collection]

Indo Fun Games Now with new face!
www.indofungames.we.bs
Your Friendly Board & Card Game Source
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.indofungames.we.bs
Ellesar
Geek Adept
Geek Adept
avatar

Jumlah posting : 397
Age : 33
Lokasi : Jakarta
Kerjaan : IT Auditor / Consultant
Serius Gaming : Hybrid Wargames
Registration date : 01.06.08

PostSubyek: Re: Mission: Red Planet - A Unique Area-Majority Game   Mon Jun 09, 2008 5:34 pm

rbayu2 wrote:
wah thanks for the review yang lengkap ama foto2nya... mantap banget...

replayabilitinya gimana nih? cukup bagus gak ato cepet bosen kalo keseringan?

Mengenai replayability-nya sih bagus bos. Sampai saat ini gw udah maenin sekitar belasan kali dan gw masih suka menemukan taktik-taktik baru buat memperoleh score tinggi. Ini karena ada 9 macem karakter itu, jadi bisa mengijinkan lu untuk nyoba-nyoba sendiri taktik-taktik baru yang ga terduga sebelumnya.

Lagipula, setiap kali lu maen, resource yang ditempatkan di Mars Game Board akan berubah (karena di-random), jadi taktik yang sama blom tentu bisa jalan di game berikutnya.

Misalnya: Save Explorer hingga Scoring turn (5, 8, or 10) dan sengajain untuk mendapat turn terakhir. Jadi, lu bisa mindah2in 3 astronot yang udah ada di Mars, keluarin dari teritori yang udah pasti ga bakal dapet majority, masukin ke teritori yang lu bisa dapet majority. Jadi kaya reinforcement dari daerah lain untuk memperoleh majority di suatu daerah yang lebih menguntungkan. Plus gerak terakhir jadinya ga mungkin diganggu2 sama lawan lagi. Smile

Tapi bisa juga pake Pilot. Isi pasukan di 1 spaceship dan pas-pasin berangkat di scoring turn. Dengan skill pilot, belokin spaceship ke teritori lain yang lu mau. TADA!! Unexpected reinforcements have arrived! Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
deadwood
Geek Counselor
Geek Counselor
avatar

Jumlah posting : 2716
Age : 35
Lokasi : Binus, JakBar
Kerjaan : Part Time BoardGamer
Serius Gaming : April 2008
Registration date : 25.03.08

PostSubyek: Re: Mission: Red Planet - A Unique Area-Majority Game   Mon Jun 09, 2008 5:53 pm

wahh ... mantappp ... baru dibeli bbrp hari uda belasan kali dimaenin ... saluttt salute salute
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
kohee
Geek Veteran
Geek Veteran
avatar

Jumlah posting : 1208
Age : 35
Lokasi : jakarta
Kerjaan : Technical Consultant
Serius Gaming : January 2007
Registration date : 08.01.08

PostSubyek: Re: Mission: Red Planet - A Unique Area-Majority Game   Mon Jun 09, 2008 6:00 pm

wah review lo sih menjerumuskan banget which means great btw....anyway welcome to the club dimana kita saling racunin satu sama laen... pale ouch. kalo niat di translate trus dipost di bgg lu bisa dapet geekgold lho

gile baru beli uda maen belasan kali....ini kecemburuan sosial banget !!!! hahahahah selama ini baru 1 game yg gw maenin 22 kali (memoir44) itu juga setelah 1 taon umurnya hahaha

_________________
PINDAH KE FORUM YG BARU
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.cubixindo.com
Ellesar
Geek Adept
Geek Adept
avatar

Jumlah posting : 397
Age : 33
Lokasi : Jakarta
Kerjaan : IT Auditor / Consultant
Serius Gaming : Hybrid Wargames
Registration date : 01.06.08

PostSubyek: Re: Mission: Red Planet - A Unique Area-Majority Game   Mon Jun 09, 2008 7:34 pm

deadwood wrote:
wahh ... mantappp ... baru dibeli bbrp hari uda belasan kali dimaenin ... saluttt salute salute

kohee wrote:
wah review lo sih menjerumuskan banget which means great btw....anyway welcome to the club dimana kita saling racunin satu sama laen... pale ouch. kalo niat di translate trus dipost di bgg lu bisa dapet geekgold lho

gile baru beli uda maen belasan kali....ini kecemburuan sosial banget !!!! hahahahah selama ini baru 1 game yg gw maenin 22 kali (memoir44) itu juga setelah 1 taon umurnya hahaha

Hmm.. belasan kalinya se paling cuma 11-12 kale se bos.. Very Happy

Yang pasti gw baru 1x maen ber-5 dan 2x maen ber-4, sisanya maen ber-3 terus atau maen coba2 ber-2 doang ma temen. Testing2 taktik lah maksudnya. Maklum temen-temen gw lagi agak susah dikumpulin.. Razz

Lagipula, game gw masih sedikit, jadi ga banyak option buat maen. Yang langganan dimaenin cuma Citadels ama game ini. Hive sekali-sekali doang berhubung max maen ber-2..
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Darkmot
Geek Adept
Geek Adept
avatar

Jumlah posting : 364
Age : 37
Lokasi : Surabaya
Kerjaan : Gaming
Registration date : 21.03.08

PostSubyek: Re: Mission: Red Planet - A Unique Area-Majority Game   Tue Jun 10, 2008 8:37 am

Waaak! Racunnyaaaa Evil or Very Mad Evil or Very Mad.

Bener2 review yg lengkap dan mantab thumbupleft.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: Mission: Red Planet - A Unique Area-Majority Game   

Kembali Ke Atas Go down
 
Mission: Red Planet - A Unique Area-Majority Game
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Indo Board Games :: Info & Diskusi Boardgame :: Bedah Game (Review)-
Navigasi: