Saya menemukan wargame ini ketika sedang nge-browse BGG untuk mencari wargame dogfight era WW2.
Ini salah satu wargame pertama yang saya beli. And I'll never regret the purchase!
Whistling Death merupakan seri ketiga dari serial Fighting Wings (setelah Achtung Spitfire dan Over the Reich). Ia menggunakan rules versi dua dari sistem Fighting Wings.
Komponen :
Sebagaimana wargame-wargame hardcore lain komponen utama terdiri atas :
- Peta hex
- Counter
- Rulebook & play aids
Ada satu book lagi yang berisi spesifikasi tiap pesawat. Ini yang namanya Aircraft Data Card yang menggambarkan karakteristik tiap pesawat dengan sangat detail. Dengan menggunakan data-data throttle, drag, roll rate, dll pada tiap ADC ini akan terasa karakteristik tiap jenis pesawat berbeda-beda. Sebuah A5M2 Zero akan terasa jauh lebih lincah daripada sebuah Wildcat, sebuah Messerschmitt Bf109 akan terasa memiliki mesin yang lebih tangguh daripada P-40 Kittyhawk, dan sebagainya. ADC juga mendeskripsikan keakuratan dan daya hantam senjata tiap pesawat dengan sangat baik. Tampak sekali bahwa riset yang dilakukan untuk membuat ADC-ADC ini sangat mendalam.
Tidak perlu ada kekhawatiran kehilangan counter2 karena tercecer, dll karena jumlah counter yang dipakai untuk satu game tidak banyak. Idealnya, tiap player berperan sebagai "pilot" dan memainkan satu pesawat saja.
Skala :
Tiap turn merepresentasikan 4 detik pertempuran udara. Tiap hex menggambarkan jarak sebesar 300 feet.
Gameplay:
Tiap turn memiliki sequence sebagai berikut : Initiative, Movement , Combat
Turn dimulai dengan initiative roll untuk tiap pesawat. Roll akan menentukan urutan pesawat dalam bergerak, dimana pemain dengan roll paling besar akan bergerak paling terakhir. Bergerak paling terakhir lebih menguntungkan karena tembak-menembak (Combat phase) dilakukan setelah semua player bergerak. Dengan demikian, pemain paling terakhir akan mudah mengetahui posisi akhir musuhnya.
Initiative roll ini menggambarkan betapa mudahnya konsentrasi pilot hilang dalam kondisi kritis seperti dalam sebuah dogfight.
Beberapa skenario memiliki variasi stats pilot (Ace, Veteran , Green, regular, dll) yang dapat memodifikasi diceroll untuk menggambarkan kemampuan experienced pilot yang lebih baik di dalam memfokuskan diri.
Roll initiative ini juga dapat di-override dengan melakukan "tailing". Jika posisi pesawat kita dalam posisi membuntuti pesawat musuh dalam jarak yang cukup dekat, kita dapat melakukan deklarasi tailing pada pesawat tersebut. Sehingga, pada turn berikutnya, kita otomatis akan bergerak segera setelah pesawat tersebut bergerak.
Fase movement adalah dimana para pesawat "berdansa" mencari posisi menembak. Dapat dikatakan bahwa di game ini, APAPUN yang bisa dilakukan pada pesawat betulan dapat dilakukan(hammerhead,slip, skid, loop, immelman, split-S, dll). Kalo udah keasyikan aerobatik, jangan sampai lupa jaga kecepatan agar tetap tinggi. A slow fighter is a dead one (itupun kalo belum stall).
Pada combat phase, tiap musuh yang masuk gun arc dapat ditembak. Di sinilah, adegan2 action yang sangat spektakuler sering terjadi. Seperti dalam kenyataan, terkadang sebuah pesawat perlu ditembak berkali2 sampai bolong2 berkeping2 baru jatuh. Namun, terkadang juga sebuah tembakan yang baik dapat mengenai pilot atau tangki bahan bakar. Pernah kejadian dimana dua bomber dalam close formation ditembaki. Salah satu terkena parah , terbakar dan sayap terlepas. Kemudian, pesawat tersebut menabrak bomber yang satunya sehingga dua-duanya killed. Saya pernah juga menembaki musuh yang sedang akan melakukan hammerhead sehingga meng-idle-kan throttle. Tembakan saya mengenai flight controlnya yang mengakibatkan throttlenya jammed. Ya sudah, throttlenya permanently idle
Damage modelling sangat baik. Sungguh seru jika kita mengetahui fine detail tentang akibat dari tembakan kita. Saya meng-upload beberapa After Action Report (AAR) agar bisa didapat bayangan seberapa wargame ini dapat "bercerita" seru tentang dogfight pada era ini.
The Good :
- Excellent flight model
- Excellent damage model
- Excellent detail of every aircraft
- Low counter count sehingga permainan dapat direcord dengan mudah dan dilanjutkan lain kali
The Bad :
- Playing time yang cukup lama
- Butuh sedikit effort untuk mempelajari aturannya.
The Ugly
- Bagi yang terbiasa dengan plastic bits dan mounted board mungkin akan kurang sreg dengan map dan counternya. Sebenarnya untuk mempercantik penampilan, beberapa pemain menggunakan miniatur pesawat (kayaknya lebih kecil daripada 1/144) yang dipasang pada stand. Pesawat dijepit dan ditaruh pada antena radio (yang telescopic agar bisa diatur ketinggiannya). Dengan demikian, posisi pesawat dapat divisualisasikan dengan baik.
Other info:
Support dari game designer-nya (JD Webster) sangat bagus. Ada mailing list di yahoogroups untuk gaming system ini. Di situ sering diadakan training session dan tournament (Play by email).
O, dan JD sendiri adalah seorang pilot professional. Jadi saya rasa kredibilitasnya mengenai flight model cukup baik.