IndeksIndeks  PortalPortal  FAQFAQ  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  AnggotaAnggota  Login  

Share | 
 

 Dust

Go down 
PengirimMessage
strategosutopia
Geek Wannabe
Geek Wannabe


Jumlah posting : 27
Age : 43
Lokasi : Jakarta
Kerjaan : Analyst/Boardgame off course
Registration date : 17.01.08

PostSubyek: Review   Fri Feb 22, 2008 7:49 am

Permainan DUST terdiri dari 2 sesi, yaitu Sesi persiapan dan permainan itu sendiri

Pada sesi persiapan setiap pemain memilih kartu utk dimainkan, kartu ini akan menentukan urutan pemain, utk :
Memilih Ibukota
Menaruh pasukan utk memperluas area awal pemain

Kartu ini juga menentukan berapa PP (mata uang dalam DUST) yg didapat dala tahap persiapan, rumusnya sih 12PP + PP yang tertera dikartu.

Kartu sendiri selalu memiliki elemen :
1 Nilai tempur: Jumlah serangan yang dapat dilakukan seorang pemain pada gilirannya
2 Nilai Gerakan: Jumlah pemindahan pasukan yang dapat dilakukan seorang pemain pada gilirannya
3 Nilai Produksi (PP): Tambahan nilai produksi pada giliran pemain tersebut.
4 Tanda Bintang: Penengah seri, Bintang yg lebih banyak memiliki prioritas.
5 Ilustrasi kemampuan khusus: Kemampuan khusus yang dapat dilakukan pemain pada gilirannya di ronde bersangkutan.

Ditahap persipan yg terpakai hanya Combat Points/Nilai tempur dan Production Points (PP)/Nilai Produksi, krn di DUST ada 2 rule yaitu Premium (P) dan Epic (E), sy akan cerita perbedaannya sedikit, di P semua area akna diisi pemain, sedangkandi E setiap pemain hanya kan memiliki 8 area 1 ibukota, 2 area sumber tenaga dan 5 area biasa, selebihnya akan dikuasai pasukan netral, hal ini merupakan perbedaan mendasar dr rule P dan E, yg tentunya dgn banyaknya pasukan netral di rule E maka waktu bermain akan lebih panjang, dan pemin punya kesempatan lebih banyak utk persiapan sekitar 2-3 babak, kalau di rule P kita thau pemain hanya punya kesemptan persiapan 1 babak saja karena ada golden rule yg bagus dan ini merupakan salah satu yg banayak diacungi jempol idenya, yaitu area sumber tenaga, pusat produksi dan ibukota tidak boleh diserang! jadi semua masih bisa napas paling tidak 1 babak, sedangkan ibukota rulenya lebih ketat lagi, hanya pemain yg mencapai 1/2 VP (poin kemenangan) yg boleh melakukan serangan ke ibukota dan ini membuka peluang bagi semua pemain utk melakuakn hal yg sama, secara analisis di rule P serangan ke ibukota biasanya baru bisa dilaksanakan setelah babak ke 3, kalo dgn E rasanya paling cepat setelah babak ke 5.

Keunikan lain pasukan netral dapat ditambah oleh pemain utk menghambat gerakan musuh, ini juga salah satu rule yg inovatif.

Setelah fase Persiapan selesai, masuk ke sesi permaianan, nah disini seperti halnya di persiapan setiap pemain memainkan 1 kartu utk menentukan giliran, so di DUST giliran pemain pasti berubah terus, dan kali ini fungsi kartu berlaku optimal. nilai serangan tetap menjadi acuan siapa yg jalan duluan.

Urutan jalan adalah :
1. Pemain menghitung PPnya dgn rumus setiap ibukota yg dimiliki menghasilkan 6PP, setiap Pusat produksi yg didukung oleh 1 area sumber tenaga menghasilkan 3PP, dan ditambah nilai PP bonus yang ada dikartu.
Dgn PP ini pemain dapat membeli unit, kartu dan Pusat produksi baru.
Pusat produksi adalah tempat unit akan diproduksi, dan mengasilkan PP apabila memiliki jumlah area sumber tenaga yg sesuai.

Ngomong soal unit, ada 5 unit berbeda yaitu Tank, Robot, Pesawat tempur, Pesawat Pengebom, Kapal Selam. Maksimal kartu ditangan pemain adalah 5.
Unit Tank dapat melindungi Robot spt halnya pesaat tempur, mereka bisa dipilih menjadi korban terlebih dahulu, hal terpeting dalam DUST adalah nilai supermasi Taktik (ST), krn ST akan menentukan siapa yg melakuakn serangan pertama, karena tidak simultan maka pasukan yg lebih dulu memutar dadu akan diuntungkan.

2. Setelah membeli pemain boleh meletakan unit di area pusat produksi dgn batasan tidak boleh lebih dr 5 unit sekali taruh.

3. Pemain melakukan gerakan pasukan sejumlah nilai gerakan yg ada di kartu dari 1 area ke area lain (kosong atau daerah sendiri). Rule P menyatakna gerakan bsia melewati tempat kosng , Rule E menyatakan unit harus berhenti di area kosong, sehingga gerakan unit lebih terbatas dgn rule E. Pesawat pengebom memiliki pola gerakan khusus, krn bisa loncat2 dari 1 area ke area lain milik peamin tersebut, bahkan kosong.

4. Pemain boleh melakukan serangan ke area musuh, jumlah serangan tergantung nilai tempur di kartu. Perang sendiri ada berbagai macam :
a. Perang darat, hanya boleh menyerang area yg bersebelahan
b. Perang laut, ini agak beda karena simultan, hanya boleh menyerang area yg bersebelahan juga
c. Perang amfibi, perang yg melewati area laut yg telah dikuasai sepenuhnya dari area pantai milik pemain ke area pantai milik lawan, perang amfibi ini unik karena tidak memungkinkan pihak penyerang untuk mundur !
d. Serangan Khusus : Pembom dapat menyerang kapal selam dengan 2 dadu, kapal selam dapat membom unt di area pantai dengan 1 dadu, dan rudal balistik (dari kartu) dapat diluncurkan ke area non ibukota dengan memutar 3 dadu.

Ngomong soal dadu mudah banget, kalo ada simbol hit maka berarti kena, yg memutar dadu memiliih unit mana yg disingkirkan, tapi seusi rule Tank melindungi Robot, P Tempur melindugi P Pengebom sehingga mereka jadi korban duluan probabilitas hit adalah 2/6.

5. Kemampuan Khusus, kemampuan ini dapat digunakan sesuai dgn ketentuan yg ada, di kartu terlihat berupa gambar.

6. Mengumpulkan Poin Kemenangan, di rule P setiap ibukita yg dimiliki berniali 1, setiap area sumber tenagan juga bernilai 1, disni juga ada penilaian supermasi Pusat produksi, jumlah pasukan darat dan laut, masing masing akan memberikan pemain 1 poin apabila memenuhi mayoritas, di rule E agak beda 3 sumber tenaga baru bernilai 1 , menguasai 2 mayoritas baru bernilai 1, karena hal inilah bermain dgn rule E akan lebih lama krn akumulasi poinnya lebih lambat.

Kemenangan
di Rule E defenitif berapapun jumlah pemain yg mencapai 40 PK dan memiliki ibukota jadi pemenang, di P agak beda : 2 pemain 50 PK, 3-5 = 40, 5-6 = 30

Utk kemampuan khusus adanya kaya gini nih :
Ace of the Sky
Sebelum memutar dadu:
Semua unit udara nilai tempurnya naik 1 nilai (+1 dadu per unit udara).

Alien Radar
Sebelum memutar dadu:
Kemampuan untuk mundur sebelum dadu diputar (berlaku terus dalam ronde tersebut)

Ballistic Missiles
Tahap Pertempuran:
Dapat melakukan 1 Serangan khusus rudal balistik, serangan ini tidak dapat dilakukan ke area ibukota.

Diplomat
Tahap Produksi :
Pilih seorang pemain sebagai teman, kedua belah pihak tidak dapat saling meneyrang dalam 1 ronde

Koshka
Pada saat pemain lain akan jalan pada gilirannya:
Pemain dengan kemampuan ini dapat lebih dahulu jalan / menyelak (ini bukan ekstra giliran). Kalau seri lihat Tanda Bintang

Raketen Truppen
Setelah memutar Dadu :
Memutar ulang SEMUA dadu, hanya dapat dilakukan apabila melibatkan unit darat, hasil akhir putaran dadu akan dipakai, walaupun hasilnya lebih buruk.

Mech Dropper
Tahap pertempuran:
Ambil unit robot dari berbagai area utk melakukan serangan ke 1 area musuh, dengan mempergunakan 1 Nilai Tempur dan pasukan ini tidak dapat mundur.

Nurse
Setelah perang selesai :
Putar 1 dadu utk setiap unit yang tereliminasi, untuk setiap simbol kosong maka unit dapat melakukan gerakan mundur (berlaku terus dalam ronde tersebut).

Mech Builder
Tahap Produksi :
Tempatkan 1 robot gratis di setiap Pusat Produksi yang dimiliki.

Secret Weapon
Tahap Pertempuran :
Lawan harus mundur dari area tersebut, namun tidak boleh dilakukan apabila menyebabkan unit yg mundur tereliminasi.

Sigrid
Setelah memutar dadu :
Putar ulang semua dadu dengan simbol kosong.

Yup mungkin ini sih bukan review tapi lebih ke cara bermain, semoga saja bisa memberikan gambaran yg lebih mendalam.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://games.groups.yahoo.com/group/strategosutopia/
indofungames
Geek Enthusiast
Geek Enthusiast
avatar

Jumlah posting : 954
Age : 42
Lokasi : Batam
Kerjaan : Test Engineer
Serius Gaming : 2002
Registration date : 07.01.08

PostSubyek: Re: Dust   Fri Feb 22, 2008 8:20 am

ini pendapat dari seorang non-wargamer yang dah pernah coba maen:

1. Karna gak baca rulebook sendiri waktu itu, kurang tau apakah susunannya sistematis atau gak ... tapi pas waktu itu maen kok kayaknya di game pertama perlu sering buka-buka rulebook lalu cari-cari info, ampe ada kali 30 menit sendiri untuk belajarnya ... so for newbie, print deh summary yang di tulis strategos di atas ... helpfull banget tuh ...

2. Komponen nya bagus ... cetakan nya cool punya (terutama tank nya) ... worth it untuk harganya ... dan dapetnya banyak pula ... kalo di pajang rapi di lemari kaca ruang tamu gitu, pasti bagus banget tuh ...

3. Artworknya juga OK ... rata-rata cowok pasti suka ama artworknya ... lebih macho kalo dibanding artwork Risk Classic ... kalo cewek mustinya suka juga sih, tapi kan cewek seleranya beda-beda gitu gak kayak cowok yang lebih sedikit variasinya ... coba aja bandingin model baju cowok ama cewek ... 10:1.000.000 ada kali tuh ... Wink

4. Compared to Risk Classic sih, DUST lebih mencerminkan real combat ... tapi menurut gw sih harusnya unit yang habis dipake nyerang kota laen, gak bisa nyerang kota laennya lagi di turn yang sama (meskipun combat point nya masih ada) ... kesian atuh prajuritnya di romusha ... he he he ...

5. Yang jadi masalah besar buat gw tuh waktu tunggu ketika orang laen jalan ... lama oiii ... apalagi maen rame-rame ... bisa 15-20 menit baru balik lagi ke giliran kita jalan ... so kalo selama orang laen jalan kita gak diserang, yah pengangguran deh (waktu itu sampe sempet belajar Age of Empire 3 di meja sebelah) ... gak tau ya mungkin kalo yang emang demen wargamer bisa sabar menanti gitu ... tapi gw pribadi yang non-wargamer gak betah nunggu gitu lama he he he ... but kalo maen ber-4 mustinya gak segitu lama lah nunggunya ...

segitu dulu deh review-an nya ... nanti kalo ada yang keinget di tambahin lagi ...

_________________
Geek Gamer [BGG Profile | Collection]

Indo Fun Games Now with new face!
www.indofungames.we.bs
Your Friendly Board & Card Game Source
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.indofungames.we.bs
strategosutopia
Geek Wannabe
Geek Wannabe


Jumlah posting : 27
Age : 43
Lokasi : Jakarta
Kerjaan : Analyst/Boardgame off course
Registration date : 17.01.08

PostSubyek: Re: Dust   Fri Feb 22, 2008 1:20 pm

Haahaha walaupun gak berkaitan ama DUST, tp etika dibawah bagus banget utk disosialisasi thdp para pemain terutama newbie, tp emang permainan jenis ini (RISK family) berpotensi memiliki downtime yg cukup lama apabila pemain tidak mengexercise etika no 2 (terutama), dan bertambahnya pemain sdh pasti menambah down time.

10 ETIKA dalam bermain (kalo mo detailnya nanti sy kirimkan)
(Di terjemahkan secara bebas dari artikel oleh Moritz Eggert di The Dice Tower # 100)
1. Jangan berbuat curang
2. Jangan membuat orang menunggu langkahmu terlalu lama (Pikirkan langkahmu pada saat orang lain sedang menjalankan gilirannya)
3. Kamu harus sabar
4. Cintailah rekan-rekan sepermainanmu (pesaing/lawanmu)
5. Perlakukanlah alat-alat permainan dengan hormat
6. Jangan menggerutu, komplain, dan terlalu kritis ketika bermain
7. Jangan melakukan "Kingmake" (menentukan siapa yg menang)
8. Menang dan kalah dengan terhormat
9. Kamu tidak boleh menyiksa pemain lain
10. Jangan bermain demi kemenangan semata

TIPS : kalau bermain DUST tentukan unit & kartu yg mau dibeli dan pisahkan unit yg akan dibeli terlebih dahulu, paling tidak ketika giliran org sebelum kita bermain, krn saat produksi cukup memakan waktu. Pikirkan diawal pasukan mana saja yg mau digerakan dan area mana saja yang akan diserang, krn sebetulnya ini juga sudah ada rencana kasarannya pada saat pemilihan kartu, dan ya pemilihan kartu adalah saat krusial perlu dpikirkan scr mendalam tapi hal ini dilakukan secara simultan jadi tidak menjadi down time.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://games.groups.yahoo.com/group/strategosutopia/
Steve
Geek Veteran
Geek Veteran
avatar

Jumlah posting : 1012
Age : 38
Lokasi : Puerto Rico
Registration date : 28.01.08

PostSubyek: Re: Dust   Sun Feb 24, 2008 1:06 pm

sekilas udah mulai nangkep tapi rasanya harus coba langsung baru ngerti kali ya hehe
ok ntar mgu dpn kalo sempet mampir ke SatU dulu cobain coi Laughing

sip sip thx for the review ya bos
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
cottonkid
Geek Adept
Geek Adept
avatar

Jumlah posting : 341
Age : 32
Lokasi : Jakarta & Bandung
Kerjaan : Carcassonne Addict
Serius Gaming : Februari 2008
Registration date : 15.02.08

PostSubyek: Re: Dust   Mon Mar 17, 2008 6:59 pm

dust saya baru saja tiba.. cheers testing rules dulu aah.. review menyusul
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.hobbiesnbeyond.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: Dust   

Kembali Ke Atas Go down
 
Dust
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Indo Board Games :: Info & Diskusi Boardgame :: Bedah Game (Review)-
Navigasi: