Permainan DUST terdiri dari 2 sesi, yaitu Sesi persiapan dan permainan itu sendiri
Pada sesi persiapan setiap pemain memilih kartu utk dimainkan, kartu ini akan menentukan urutan pemain, utk :
Memilih Ibukota
Menaruh pasukan utk memperluas area awal pemain
Kartu ini juga menentukan berapa PP (mata uang dalam DUST) yg didapat dala tahap persiapan, rumusnya sih 12PP + PP yang tertera dikartu.
Kartu sendiri selalu memiliki elemen :
1 Nilai tempur: Jumlah serangan yang dapat dilakukan seorang pemain pada gilirannya
2 Nilai Gerakan: Jumlah pemindahan pasukan yang dapat dilakukan seorang pemain pada gilirannya
3 Nilai Produksi (PP): Tambahan nilai produksi pada giliran pemain tersebut.
4 Tanda Bintang: Penengah seri, Bintang yg lebih banyak memiliki prioritas.
5 Ilustrasi kemampuan khusus: Kemampuan khusus yang dapat dilakukan pemain pada gilirannya di ronde bersangkutan.
Ditahap persipan yg terpakai hanya Combat Points/Nilai tempur dan Production Points (PP)/Nilai Produksi, krn di DUST ada 2 rule yaitu Premium (P) dan Epic (E), sy akan cerita perbedaannya sedikit, di P semua area akna diisi pemain, sedangkandi E setiap pemain hanya kan memiliki 8 area 1 ibukota, 2 area sumber tenaga dan 5 area biasa, selebihnya akan dikuasai pasukan netral, hal ini merupakan perbedaan mendasar dr rule P dan E, yg tentunya dgn banyaknya pasukan netral di rule E maka waktu bermain akan lebih panjang, dan pemin punya kesempatan lebih banyak utk persiapan sekitar 2-3 babak, kalau di rule P kita thau pemain hanya punya kesemptan persiapan 1 babak saja karena ada golden rule yg bagus dan ini merupakan salah satu yg banayak diacungi jempol idenya, yaitu area sumber tenaga, pusat produksi dan ibukota tidak boleh diserang! jadi semua masih bisa napas paling tidak 1 babak, sedangkan ibukota rulenya lebih ketat lagi, hanya pemain yg mencapai 1/2 VP (poin kemenangan) yg boleh melakukan serangan ke ibukota dan ini membuka peluang bagi semua pemain utk melakuakn hal yg sama, secara analisis di rule P serangan ke ibukota biasanya baru bisa dilaksanakan setelah babak ke 3, kalo dgn E rasanya paling cepat setelah babak ke 5.
Keunikan lain pasukan netral dapat ditambah oleh pemain utk menghambat gerakan musuh, ini juga salah satu rule yg inovatif.
Setelah fase Persiapan selesai, masuk ke sesi permaianan, nah disini seperti halnya di persiapan setiap pemain memainkan 1 kartu utk menentukan giliran, so di DUST giliran pemain pasti berubah terus, dan kali ini fungsi kartu berlaku optimal. nilai serangan tetap menjadi acuan siapa yg jalan duluan.
Urutan jalan adalah :
1. Pemain menghitung PPnya dgn rumus setiap ibukota yg dimiliki menghasilkan 6PP, setiap Pusat produksi yg didukung oleh 1 area sumber tenaga menghasilkan 3PP, dan ditambah nilai PP bonus yang ada dikartu.
Dgn PP ini pemain dapat membeli unit, kartu dan Pusat produksi baru.
Pusat produksi adalah tempat unit akan diproduksi, dan mengasilkan PP apabila memiliki jumlah area sumber tenaga yg sesuai.
Ngomong soal unit, ada 5 unit berbeda yaitu Tank, Robot, Pesawat tempur, Pesawat Pengebom, Kapal Selam. Maksimal kartu ditangan pemain adalah 5.
Unit Tank dapat melindungi Robot spt halnya pesaat tempur, mereka bisa dipilih menjadi korban terlebih dahulu, hal terpeting dalam DUST adalah nilai supermasi Taktik (ST), krn ST akan menentukan siapa yg melakuakn serangan pertama, karena tidak simultan maka pasukan yg lebih dulu memutar dadu akan diuntungkan.
2. Setelah membeli pemain boleh meletakan unit di area pusat produksi dgn batasan tidak boleh lebih dr 5 unit sekali taruh.
3. Pemain melakukan gerakan pasukan sejumlah nilai gerakan yg ada di kartu dari 1 area ke area lain (kosong atau daerah sendiri). Rule P menyatakna gerakan bsia melewati tempat kosng , Rule E menyatakan unit harus berhenti di area kosong, sehingga gerakan unit lebih terbatas dgn rule E. Pesawat pengebom memiliki pola gerakan khusus, krn bisa loncat2 dari 1 area ke area lain milik peamin tersebut, bahkan kosong.
4. Pemain boleh melakukan serangan ke area musuh, jumlah serangan tergantung nilai tempur di kartu. Perang sendiri ada berbagai macam :
a. Perang darat, hanya boleh menyerang area yg bersebelahan
b. Perang laut, ini agak beda karena simultan, hanya boleh menyerang area yg bersebelahan juga
c. Perang amfibi, perang yg melewati area laut yg telah dikuasai sepenuhnya dari area pantai milik pemain ke area pantai milik lawan, perang amfibi ini unik karena tidak memungkinkan pihak penyerang untuk mundur !
d. Serangan Khusus : Pembom dapat menyerang kapal selam dengan 2 dadu, kapal selam dapat membom unt di area pantai dengan 1 dadu, dan rudal balistik (dari kartu) dapat diluncurkan ke area non ibukota dengan memutar 3 dadu.
Ngomong soal dadu mudah banget, kalo ada simbol hit maka berarti kena, yg memutar dadu memiliih unit mana yg disingkirkan, tapi seusi rule Tank melindungi Robot, P Tempur melindugi P Pengebom sehingga mereka jadi korban duluan probabilitas hit adalah 2/6.
5. Kemampuan Khusus, kemampuan ini dapat digunakan sesuai dgn ketentuan yg ada, di kartu terlihat berupa gambar.
6. Mengumpulkan Poin Kemenangan, di rule P setiap ibukita yg dimiliki berniali 1, setiap area sumber tenagan juga bernilai 1, disni juga ada penilaian supermasi Pusat produksi, jumlah pasukan darat dan laut, masing masing akan memberikan pemain 1 poin apabila memenuhi mayoritas, di rule E agak beda 3 sumber tenaga baru bernilai 1 , menguasai 2 mayoritas baru bernilai 1, karena hal inilah bermain dgn rule E akan lebih lama krn akumulasi poinnya lebih lambat.
Kemenangan
di Rule E defenitif berapapun jumlah pemain yg mencapai 40 PK dan memiliki ibukota jadi pemenang, di P agak beda : 2 pemain 50 PK, 3-5 = 40, 5-6 = 30
Utk kemampuan khusus adanya kaya gini nih :
Ace of the Sky
Sebelum memutar dadu:
Semua unit udara nilai tempurnya naik 1 nilai (+1 dadu per unit udara).
Alien Radar
Sebelum memutar dadu:
Kemampuan untuk mundur sebelum dadu diputar (berlaku terus dalam ronde tersebut)
Ballistic Missiles
Tahap Pertempuran:
Dapat melakukan 1 Serangan khusus rudal balistik, serangan ini tidak dapat dilakukan ke area ibukota.
Diplomat
Tahap Produksi :
Pilih seorang pemain sebagai teman, kedua belah pihak tidak dapat saling meneyrang dalam 1 ronde
Koshka
Pada saat pemain lain akan jalan pada gilirannya:
Pemain dengan kemampuan ini dapat lebih dahulu jalan / menyelak (ini bukan ekstra giliran). Kalau seri lihat Tanda Bintang
Raketen Truppen
Setelah memutar Dadu :
Memutar ulang SEMUA dadu, hanya dapat dilakukan apabila melibatkan unit darat, hasil akhir putaran dadu akan dipakai, walaupun hasilnya lebih buruk.
Mech Dropper
Tahap pertempuran:
Ambil unit robot dari berbagai area utk melakukan serangan ke 1 area musuh, dengan mempergunakan 1 Nilai Tempur dan pasukan ini tidak dapat mundur.
Nurse
Setelah perang selesai :
Putar 1 dadu utk setiap unit yang tereliminasi, untuk setiap simbol kosong maka unit dapat melakukan gerakan mundur (berlaku terus dalam ronde tersebut).
Mech Builder
Tahap Produksi :
Tempatkan 1 robot gratis di setiap Pusat Produksi yang dimiliki.
Secret Weapon
Tahap Pertempuran :
Lawan harus mundur dari area tersebut, namun tidak boleh dilakukan apabila menyebabkan unit yg mundur tereliminasi.
Sigrid
Setelah memutar dadu :
Putar ulang semua dadu dengan simbol kosong.
Yup mungkin ini sih bukan review tapi lebih ke cara bermain, semoga saja bisa memberikan gambaran yg lebih mendalam.