Yah, akhirnya putusin juga untuk bikin review ini. Setelah melihat kok rasanya banyak yang bingung, aku juga melihat dari reaksi-reaksi teman saat pertama kali main game ini, kenapa kok banyak yang bingung yah. Well, agak bisa dimengerti juga sih. Pada review ini aku akan coba sedikit peracunan dan ada strategi juga, mungkin biar jelas gimana main game ini.
(DISCLAIMER: Semua gambar dari BGG, dan bukan milikku)BACKGROUND & THEMEThurn and Taxis adalah perusahaan surat menyurat yang pertama kali sukses membikin jalur pos. Sudah dapat dipastikan, game ini tentang membangun rute-rute pos. Overall dari gameplay, dan artwork yang ada, tema ini cukup integrated. Tidak sempurna, tetapi kita dapat melihat temanya dan itu cukup membuat diriku tertarik. Dalam pembagian penjelasan berikutnya akan aku jelaskan mengapa temanya cukup dapat terlihat. Secara garis besar,
COMPONENTSMari kita mulai dari sini, dan seperti yang dapat kita lihat, komponennya bagus. Super bagus sih engga, tapi terlihat nice. Bahan kartunya bagus, walaupun sayangnya kurang besar. Wooden house? The best part of it. VP Token? So cute. Dan player aid yang bagus. Kekurangan dari player aidnya sih karena bentuknya ngga murni kotak, jadi pas nyampulin agak susah untuk jadi rapi. But thats minor.
Jangan lupa ini juga keindahan dari komponen, yaitu kotaknya. Slot-slot yang ada sangat berguna dan sangat pas terhadap komponen yang ada. Tempat untuk kartupun masih dapat digunakan meskipun kartunya udah diberi sleeve. Sayangnya, entah kenapa kartunya bisa amburadul keluar kalo kotaknya kebalik2. Oh well.
GAMEPLAYInti utama dari game ini adalah membuat rute pos, dan menjadikannya kantor pos. Ato kotak pos, terserah mau nyebutnya gimana. Tiap turn kita boleh ambil 1 city card yang tersedia, dan harus play 1 city card dalam rute kita. Saat play, kalo kita belom punya rute, maka kita bikin rute baru. Kalo sudah ada rute, kita bikin di sebelah
kiri atau
kanannya rute, atau melihat kota
head dan
tailnya saja. Syaratnya adalah melihat di peta, kota tersebut bisa nyambung dengan kota apa saja.
Setelah rute berisi 3 kota atau lebih, kita mempunyai pilihan untuk menutup atau men-score rute tersebut. Saat kita score, kita dapat mengupgrade carriage atau kereta kita yang membawa-bawa surat. Syarat upgrade masing-masing carriage minimal tertulis di pojok kanan atas, tetapi ngga boleh lompat upgrade. Masing-masing upgrade juga punya VP sendiri di kiri bawah, dan upgrade yang baru
overwrite upgrade yang lama, bukan nambah (sesuatu yg aku ngga tau pas pertama maen).
Yang lebih menarik, saat kita menutup rute, kita juga dapat kesempatan untuk membangun kotak pos di kota-kota yang dilewati rute kita barusan. Yang menarik adalah mekanisme menaruh kotak posnya, yaitu kita
tidak menaruh kotak pos di semua kota dalam rute, tetapi kita diberi pilihan yaitu untuk membangun
1 kotak pos di 1 kota per propinsi, atau
1 kotak pos per kota di satu propinsi. Ini mungkin bikin bingung awalnya, tapi setelah main dan melihat orang lain dalam beberapa turn, semuanya menjadi jelas.
Inilah yang paling aku suka dari game ini. Adanya VP yang tersebar di mana-mana di papan utama permainan membuat aku dapat memfokuskan diri untuk strategi yang aku jalanin. Hal ini yang mungkin jarang dilakukan orang lain, sehingga rasanya seperti luck saja. Padahal justru karena adanya VP inilah kita dapat memfokuskan tujuan pembuatan rute kita, mengingat jumlah rumah yang kita miliki hanya 20, sedang jumlah kota adalah 22, jadi kita harus pintar memilih kota mana yang tidak akan kita bangun kotak posnya. Paling lega adalah kalo dengan scoring 1 rute saja bisa meraup 2-3 VP token ato lebih. Satu hal lagi, VP yang dimiliki
haruslah hidden, sesuatu yang tidak pernah aku lakukan hingga terakhir kali aku bermain. Jangan sampe lupa ya, aku lupa terus.
Bumbu terakhir dari game ini adalah official. Boleh dikata, ini mirip seperti role selection Puerto Rico, hanya saja tiap official boleh dipilih lebih dari 1 orang. Tapi tiap orang hanya boleh memilih 1 official saja dalam 1 turn mereka. Ingat, turn kita terdiri dari draw 1 card, play 1 card, may or may not score.
Postmaster memberi kita kemampuan untuk draw 2 card dalam turn kita, sedang
Postal Carrier memberi kita kemampuan untuk play 2 card dalam turn kita.
Administrator berguna untuk mencuci pool cards yang ada (dan bikin bete musuh).
Cartwright berguna untuk mendiskon 2 kota dari requirement yang dibutuhkan untuk upgrade carriagemu selanjutnya.
Game berakhir jika ada salah satu player yang berhasil mendapatkan upgrade carriage terakhir, atau salah satu player kehabisan bongkahan rumahnya. VP dijumlah, dan rumah yang
tersisa bernilai -1 vp, yang paling tinggi yang menang. Selesai. Gameplay score
Menurutku sendiri, Thurn and Taxis sangat menyenangkan, memang sih player interractionnya kecil, kita terasa cukup solitaire. Karena itu game ini lebih terkesan racing daripada building. Tapi aku cukup suka. Game ini membutuhkan sedikit pemikiran, tapi tidak berat. Sangat cocok sebagai medium game. Hal-hal lain kalo menurut pendapatku adalah di bawah ini:
Player Interraction : Low
High
Setup : Slow
Fast (agak lama memang)
Downtime : Slow
Fast (harusnya cepet, tapi kadang2 banyak yang overthinking)
Luck : High
Low (Its true)
Planning : Strategic
Tactical (cukup chaotic soalnya)
Begitulah, semoga dengan ini tidak ada lagi yang bingung dengan Thurn and Taxis. Tetapi ada satu hal lagi yang membuat Thurn and Taxis begitu keren. Coba lihat bentuk yang aneh dari bongkahan-bongkahan rumahnya. Bentuk ini sangat mengundang orang-orang untuk bermain dengannya, apalagi jika pada saat-saat downtime. Dan voila! Kita menemukan mini game dalam Thurn and Taxis. Coba kita lihat gambar-gambar yang kutemukan dalam BGG.
Final score :
8 (ditambah mini game)